This is the stories of my life, my thought, also my feeling. Sad, desperate, laugh, happiness...everything. I just hope we all can learn something. Enjoy

Tuesday, October 11, 2005

(Masih) BBM

Rada telat sih dibahas, tapi buat gue masih krasa banget ‘kaget’-nya. Mulai dari ngliat antrian BBM spanjang jalan kenangan, yang pas stag didepan POM eh tuh BBM dah abis. Sampe harga2 yang pada naek. Buat anak kost kayak gue sih krasa banget. Angkot yang dulu 1300 perak jadi 2000, bikin gue mikir bolak-balik kalo mo pergi2. Kalo gue naik motor, bensin full yang biasanya 9000 jadi 17000. Blom lagi makanan pada naek 500 dari harga awal, kalo diitung2 gue kudu nyiapin ekstra 1500 x 30 = 45000 perbulan cuma untuk makan !!!!
Gue sih masih bisa ngandelin ortu buat nyuplai kebutuhan gue nge-kost, meskipun juga pake warning buat ngirit. Tapi temen gue yang biasanya dah pasang ikat pinggang, jadi makin kenceng ngatur pengeluaran. Masak bareng, numpang jalan, bikin usaha, apa aja dilakuin biar bisa survive.
Gue salah satu orang yang dimanjain dengan adanya kendaraan. Sejak gue pake motor, gue lebih rajin jalan2 en ke kampus pun gue pake motor. Jadi males jalan kaki deh pokoknya. Dulu, dengan 9000 perak gue bisa kmana2 dalam 4-7 hari. Pengeluaran gue juga bukannya berkurang gara2 gak usah naik angkot, tapi malah bengkak gara2 kbanyakan jalan2 en akhirnya duit abis buat jajan ato blanja yang sbenernya gak penting2 banget.
Tapi skarang, tiap inget BBM mahal, gue jadi ‘gak napsu’ jalan2. Kbayang BBM mahal, barang2 naek ughhh… Emang sih duit BBM gue tetep sesuai porsinya, tapi gue jadi bisa hemat buat yang lain. Gara2 jarang jalan2, gue jadi gak ngeluarin duit buat blanja yang aneh2. Ternyata, ada juga hikmahnya BBM naek. So buat smuanya, Met Berhemat2 ya…..
RUMPI BBM ….
Gue percaya banget kalo orang Indonesia tuh orang yang sangat bisa diandelin buat SURVIVE dalam kondisi apapun. Waktu gue naik angkot kmaren spulang dari pasar, waktu masih hot-hotnya BBM naik, ibu2 pada ngrumpi harga2 yang mlambung tinggi. Eh ada mahasiswa (kayaknya sih) ikut nimbrung ngomel2in pemerintah yang ‘gak sensitip’ en naikin harga BBM. Sepanas hawa Malang yang gak pernah hujan, rumpian orang seangkot juga makin HOT.
Yang bikin gue kaget, ada ibu penjual pisang dengan santainya bilang “ Urip iki yo pancen kudu rekoso, ora ono urip sing enak. Kabeh manungso iku ono ae cobaanne. Gusti Allah ora bakal menehi urip sing ora iso dilakoni hambane. Awake dewe yo kudu mensyukuri opo wae sing diparingi Gusti Allah”.
Jantung gue krasa kayak mlorot ke dengkul, malu banget deh. Masa gue bisa ngomel2in hidup ini susah, kalo ternyata orang yang hidupnya lebih kekurangan dari gue aja bisa bersyukur.
Malam itu, dijeda iklan pemerintah, Aa Gym nongol dengan petuah “ Allah tidak akan memberi cobaan yang lebih berat daripada yang dapat ditanggung hamba-Nya”.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home