This is the stories of my life, my thought, also my feeling. Sad, desperate, laugh, happiness...everything. I just hope we all can learn something. Enjoy

Friday, December 30, 2005

1 + 1 = 2

Beberapa waktu lalu, sahabatku si DbrinkmanHutabarat baru saja merayakan ulang tahun perkawinannya dengan Rene. Pernikahan dua orang yang berasal dari bangsa yang berbeda.

Selalu ada berbagai praduga terhadap pasangan-pasangan seperti ini, herannya sedikit yang bersifat positif, biasanya cenderung negatif. Entah kenapa. Aku tidak mau ambil pusing dengan yang negatif.

Pernikahan seperti ini memang mulai marak. Buat aku sih, sesuatu yang menyenangkan untuk melihat itu semua. Melihat bahwa cinta tidaklah harus dibatasi ini itu, dalam hal ini tidak dibatasi oleh sebuah kewarganegaraan. Indah, walaupun kalau mengingat beberapa hal yang pernah disampaikan mereka, hal itu juga bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi, hey, aku pikir segala sesuatu yang sangat berharga seringkali bukanlah sesuatu yang begitu saja bisa diperoleh, membutuhkan perjuangan dan banyak sekali cinta.

Aku bersyukur bisa mengenal mereka, bisa belajar banyak hal. Bukan berarti hubungan dengan orang yang berkewarganegaraan sama tidak bermasalah loh, eits tunggu dulu, coba saja mencoba membangun hubungan antar suku di Indonesia, sama sekali bukan masalah sepele (malah kadang aku pikir itu bahkan jauh lebih bermasalah daripada pernikahan antar bangsa!).

Melihat mereka “jatuh bangun” untuk mempertahankan hubungan dalam beberapa tahun terakhir, juga membuat aku sadar, cinta memang lebih sering tidak mengenal aturan ini itu, seringkali tidak masuk diakal, seringkali disepelekan, tapi kekuatannya begitu besar. Aku yakin kekuatan cinta membuat mereka sampai di titik ini. Aku yakin kekuatan itu masih akan memampukan mereka merayakan ulang tahun perkawinan yang selanjutnya dan selanjutnya dan selanjutnya.

Mudah-mudahan aku bisa merasakan kekuatan cinta sebesar itu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home