This is the stories of my life, my thought, also my feeling. Sad, desperate, laugh, happiness...everything. I just hope we all can learn something. Enjoy

Monday, April 10, 2006

Filosofi Adik Kecil

Kakak. Kamu cantik. Dan menarik. Dan cerdas. Dan lucu. Dan menggemaskan. Dan menyenangkan. Tapi kenapa kamu terus menangis?

- adik, aku putus cinta.

Ah kakak. Apa yang harus ditangisi? Bukannya kau semestinya tertawa? Karena akhirnya kau kini sudah merdeka? Bisa berbuat apa yang kau suka?

- adik. Aku patah hati.

Ah, kakak. Patah hati itu tidak ada. Coba kamu periksa ke dokter dan lihat hatimu dengan alat canggih itu. Hati tidak panjang dan ramping seperti ranting. Jadi ia tidak bisa patah.

- adik. Kamu konyol.

Kakak, kalau aku konyol, artinya kamu sejuta kali lebih konyol. Harusnya kamu bahagia. Bagaimana bisa kamu ingin bersama dengan orang yang pergi begitu saja tanpa sempat berjuang bersama?

- adik. Kamu tidak tau ceritanya. Dia orang yang luar biasa.

Kakak, jika ia luar biasa seperti yang kau kata, maka aku yakin ia bisa melihat cinta tanpa syarat dalam matamu. Bahwa kau menawarkan ketulusan dan kebahagiaan dan perhatian dan kasih sayang dan semua hal yang mengikutinya dalam satu paket lengkap. Jika ia tidak bisa melihatnya, maka ia sepertinya tidak seluarbiasa itu.

- adik. Aku takut

Ah kakak. Aku ada disini. Sahabat-sahabat yang sayang padamu juga ada disini. Apa yang kau takutkan?

- adik. Aku takut sendirian.

Kakak, bukannya kita lahir sendiri dan mati juga sendiri? Lagipula, kau bisa menemukan apapun yang kau mau dari orang-orang yang ada di sekelilingmu. Kalau kau ingin berjalan dalam hujan atau piknik di taman atau nonton harry Potter atau belanja di Pasar Minggu, aku bisa menemani. Jika kau bosan, kau bisa diskusi dengan temanmu yang lain. Jika kau ingin memancing kau bisa pergi dengan yang lain lagi. Tidakkah hidupmu penuh dengan orang-orang istimewa yang menerimamu apa adanya?

- adik. Aku takut terluka dan terus terluka.

Kakak, jangan izinkan apapun atau siapapun melukai hatimu. Hanya kau yang tau isinya. Jika kau terus berfikir kau akan terluka, maka kau tak akan pernah mencoba. Lagipula, ini bukan apa-apa. Masih akan ada banyak kesedihan yang akan datang. Dan tiap kesedihan akan membuat kau belajar untuk lebih kuat. Orang-orang besar menghadapi tantangan yang besar. Dan mereka yang tak pernah bersedih tidak akan bisa menghargai apa itu bahagia. Maka, bersukurlah.

- adik. Tapi aku mau dia.

Kakak, kau memang keras kepala. Tapi tak apa. Itu pilihanmu. Aku hanya ingin mengatakan bahwa semua orang yang datang dalam hidupmu akan menyumbangkan warna. Bahkan hitam sekalipun. Percayalah, semua itu ada hikmahnya. Suatu hari nanti, kau akan melihat ke belakang dan berkata, betapa bersyukurnya kau bertemu dia dan berpisah.

- adik. Aku harap kamu benar.

Aku yakin aku benar. Aku janji padamu, dan aku tidak akan berdusta: Semua akan baik-baik saja. SEMUA, akan BAIK-BAIK saja. Sekarang, tersenyumlah! Mari kita makan eskrim!

*Percakapan 2 perempuan yang mabuk 2 pint es krim Walls, disore hari, tanpa mandiā€¦.*

- COMMeNtS-

lenje said...
Ehm... hampir kena ke gw...
2:46 AM

Okol said...
Heuheuhh....tak kusangka adikku bisa sedemikian bijaknya...mengharukan.
You're grown up!!
I love you sista..Mwah...
7:23 AM

kakak yg (sok) merasahh ;) said...
kakak: ...hokokokokok....
adik filsuf yg cerdas nan konyol...:) Makan eskrim? Ayoooo. Ini bikinan sendiri ya? hmmm,lezzzaat! [tapi diam2 nyiapin antidot, takut keracunan...huahahaha] Karena (agak) merasa, tengkiuuu atas filosofi mu itu. Waaahh,deh! Tapi,nyantai ajah, aku cukup tangguh,koq. Belum ada loh niat ampe "tertelan bumi" [twink,twink]....:D Lagipula, harapan itu selalu ada [teteeuup...hehehehe]

adik: kau emang keras kepala! Sebenarnyah,udah ngelakuin pedekate yg optimal ga?

kakak: adik, itu juga mungkin energi yg membuat kenapa tungku harapan itu masih menyala. Merasa belum fight banget, berhubung kesibukan ngumpulin genteng demi genteng untuk naungan keluarga(wannabe) kakak mu ini. Kamu mungkin sependapat dgn kata2 "amare est gaudere felicitate alterius"-nya Leibniz. Aku ga ngerti bahasa dia [...hehehe...] tapi kira2 seperti ini "Ketika kamu menyayangi seseorang, kamu akan mengupayakan kebahagiaan orang yg kamu sayangi". Agak panjang ngejelasin ini, tapi aku yakin kamu bisa nangkap.

adik: bukankah cintamu seperti bertepuk sebelah tangan?

kakak: Ssssss...sstt. Cinta boleh (seperti) bertepuk sebelah tangan, tapi ketika cinta udah ber-metamorfosa menjadi sayang...hmmm...emang ada sayang bertepuk seblah tangan...hayooo :)

adik: kakak, kau emang keras kepala!

kakak:ah, kamu juga...:D Aku pernah dengar seseorang berkata2 "yg namanya laki2... should never...ever...give up on women"....mmmm...siapa ya yg ngomong gitu...mmm...lupahh ;) Dan kali2 aje bagian dari tes...tes...tes...

adik: koq sabar banget sih? Aku melihat kemungkinan kandas itu besar. Intuisi perempuan!

kakak: aiiihh, jangan jadi pesimis gitu,dong. [sebuah kalimat yg bernada refleksi...hehehehe]. kalo sang Waktu membuktikan itu, aku dengan enteng akan meminjam kata2 "ibu itu". Namanya juga usaha! ...hihihihihihi...

adik: denger2, dia ada rencana jangka panjang netap di kekaisaran Romawi. Bagaimana bisa kamu ingin bersama dengan orang yang pergi begitu saja tanpa sempat berjuang bersama?

kakak: karena aku mau dia.
Rome wasn't built in a day [ah, ga masuk]
AS Rome versus SS Lazio [ah, ngawur nanget!]
Banyak jalan ke Roma!

adik: ...buuukkk...[bunyi timpukan sandal jepit]
Bagaimana bisa kamu ingin bersama dengan orang yang pergi begitu saja tanpa sempat berjuang bersama?

kakak: [merenung...lamaaaaa] ...hokokokokokokokk... Ah, itu kan belum terjadi. Selalu ada asa.
Eh, apa tuh yg terbang di luar jendela??

adik: apa sih? mana??

[Ketika si adik menoleh ke luar, si kakak pun menelan pil antidot...ada rasa nyeri di ulu hati, ga tau apa karena postingan ini atau ...eskrimnya....hiiiihihihihihihihi]

kakak: ah, udah ga kliatan. Tadi ada burung kasuari terbang.

adik: kakak, kamu konyol! Kasuari itu unggas tanah. Emangnya ga tau kamu itu mo ngalihin topik...huhh...
eh, gimana eskrimnya? Boljug ga?

kakak: mantap...mantap... Aku nganjurin semua orang nyoba [tapi bawa penawar racun yak....huahahahahaha]

ps: buat yg punya blog, sorry, komennya agak panjaaaang, lagi kumat :D. Klo ngeganggu pemandangan, del ajah. it's Okehhh!! :)
9:46 PM

Dina said...
buat kakak-kakak yang sudah memberikan comment: hmmmm... I love you all!!! XXOOXOXOOX
8:54 AM

lia said...
asik nya yang punya adik... siapa mau jadi adik gw....????

2 Comments:

Blogger COKELAT said...

mba ijin sharing ya

3:01 AM

 
Blogger COKELAT said...

This comment has been removed by the author.

3:01 AM

 

Post a Comment

<< Home