This is the stories of my life, my thought, also my feeling. Sad, desperate, laugh, happiness...everything. I just hope we all can learn something. Enjoy

Tuesday, August 08, 2006

GENDUD

Yeah yeahh... secara badan gw naik 12 secara alon-alon klakon dalam tempoh 3taun ini.. lama2 kok ya kerasa malu juga kalo dikritik kanan kiri.. apalagi orang yg ngritik ini berbadan cukup tipis (hi hi hi) yaa buad nasehad untuk lebih jaga kesehatan aja kali ya...
Howkieh dehh moga2 bisa jadi lebih sehad.. Ada crita loh dibalik upaya ngurusin badan ini..

Suatu hari saya mengunjungi seorang dokter
"Dok, saya ada masalah nih, perut saya gendut"
"Hmm..lalu ? Kamu mau ngecilin perut ?"
"Iya dok, perut saya gendut, jadi kayak sakit kwashiorkor"
"Ya, ya baik, saya ada cara sehat. Kamu minum 12 gelas air putih, sehari, gak boleh kurang"
"12 gelas dok ?"
"12"
"Sehari ?"
"SE HA RI..oke ? baik buat kesehatan kamu juga, ayo kamu praktekan ya..."
matek koen...

Lalu saya praktekan apa kata sang dokter itu. Beberapa hari kemudian saya menemuinya lagi

"Gimana ? sudah minum 12 gelas air per hari ?"
"Sudah dok, tapi perut saya jadi kembung, huek..mau muntah"
"Kok ? Kamu minum 12 gelas langsung ?"
"Iya.."
"Waah..wiss jan...mumet arek iki...maksud sayaah yaah..itu kamu minumnya bertahap, pagi 4 gelas, siang 4 gelas sore 4 gelas gak langsung glek gitu...memangnya kamu onta apa ? Bertahap mbak..bertahap.."
"Lho...dokternya gak bilang..."

Bentuk badan ideal memang sering dicari orang. Bagi kebanyakan orang bentuk ideal itu kurus langsing buat wanitanya dan berotot disegala macam sudut buat prianya, tapi itu tentu pada umumnya, ada juga kawan yang berkata
"aku suka sama cewek gemuk kok, rasanya kalo disate kok gurih ya ?"
atau
"Iih..pacarku itu lucu banget deh..tembem..chubby gitu"

Tapi dibalik bentuk tubuh ideal itu semua orang mengejar sehat. Ya, sehat. Buat apa badan kurus langsing tapi mengidap Bulimia Aneroxii ? Atau badan besar berotot tapi mengkonsumsi steroid dan hormon buatan ?

Jika bicara sehat maka tak lepas dari olahraga. Olah raga selain konsumsi makanan yang sehat adalah mutlak hukumnya jika ingin sehat. Dan berbicara tentang olahraga saya sendiri adalah orang yang malas olahraga :p xi xi xi xi...

Dulu sekali, saya rajin olahraga minimal seminggu sekali. Pertama saya dan dua orang kawan saya olahraga renang. Badan teman saya tambun semua. Ada yang tambun diperut dan tambun diseluruh badan. Saya ? Tetap kurus. Lalu kami bertiga berenang-renang setiap akhir pekan.
Badan kedua teman saya mulai terbentuk. Lemaknya mulai hilang. Saya ? Masih saja tetap kurus.

Tapi kemudian kami mulai jarang berenang. Akhirnya sampai sekarang tidak berenang sama sekali. Terbentur dengan kesibukan.
Dari yang seminggu dua kali, lalu dua minggu sekali, akhirnya hilang sama sekali. Ah sayang.
Dan akhirnya teman-teman saya membuncit perutnya, termasuk saya. Badan tentu tidak sehat. Tidak semangat.

ayo, mumpung belum terlalu gendut untuk berlari
ayo, mumpung belum pasti sapa suaminya
ayo, mumpung bukan bos hanya kurcaci
ayo, mumpung bisnis masih beromset kelas teri

Dan akhirnya kesehatan mulai bertumpu dari cara makan yang baik saja. Minum 12 gelas sehari yang kadang sering lupa. Tentu ini kurang tanpa olahraga. Tapi lebih baik daripada tidak.
Sudah berolah raga. Minum kurang. Bisa-bisa ginjal ini berontak.

Dan 12 gelas itu ternyata ada hasilnya juga. Sekarang rok saya mulai muat dan rekan Chanchan harus berpikir dua kali sebelum mengatai saya gendut kalo lain kali ktemu saya ha ha ha....